jump to navigation

Membuat dan Menggabungkan berkas berformat PDF dengan PDFCreator July 28, 2009

Posted by adefisika in computer world.
trackback

mukaPDF yang merupakan kependekan dari Portable Document Format merupakan salah satu jenis berkas yang sangat berguna, karena berkas jenis ini merupakan berkas yang dapat dibuka dalam berbagai platform sistem operasi.

Selain itu untuk membaca berkas jenis ini tidak memerlukan aplikasi yang berbayar, berukuran cukup kecil sesuai dengan hal-hal yang berada didalamnya dan pengeditan berkas ini tidaklah mudah karena mempunyai logika enkripsi data yang bagus dan tidak mudah untuk dipecahkan sehingga berkas ini dipilih untuk memuat data dari suatu perangkat baik lunak maupun keras.

Selain untuk hal-hal tersebut aplikasi dari dokumen dengan jenis berkas ini juga digunakan dalam dunia pendidikan dan penelitian. Oleh karena itu para akademisi perlu untuk mengetahui beberapa aplikasi dari berkas ini dan karena untuk pengeditan dan terutama pembuatan berkas yang tidak mudah maka diperlukan aplikasi yang berguna minimal untuk membuat berkas PDF menggunakan word prosesor biasanya digunakan adalah dalam sistem operasi windows yaitu Microsoft Office serta menggabungkan dan memproteksi berkas PDF. Sedangkan untuk mengedit berkas PDF diperlukan aplikasi lain yang berbayar. Akan tetapi tetap harus mengedit secara manual melalui word prosesor.
Untuk menggunakan 3 fungsi minimal yang telah disebutkan diatas dapat digunakan PDFCreator yang mempunyai lisensi bebas seperti dibawah ini.
GNU GENERAL PUBLIC LICENSE
Version 2, June 1991
Copyright (C) 1989, 1991 Free Software Foundation, Inc. 59 Temple Place – Suite 330, Boston, MA 02111-1307, USA Everyone is permitted to copy and distribute verbatim copies of this license document, but changing it is not allowed.
Dimana kita dapat membuat kopi dari aplikasi ini dan mendistribusikannya akan tetapi tidak merubahnya. Sedangkan untuk mengeditnya dapat digunakan aplikasi dari berkas sumber dengan menggunakan word prosesor, dalam hal ini berkas dokumen yang dapat diedit adalah berkas yang kita buat sendiri kemudian kita cetak dokumen dengan ekstensi PDF, sedangkan dokumen dengan ekstensi PDF tidak dapat kita edit/rubah dengan mudah. Kalau pun ada itu tidak dapat membedakan antara text dan gambar secara baik, seperti kalu kita menyalin dokumen dari word prosesor.

Beberapa gambaran fungsi secara umum dari PDF Creator:

  1. Membuat berkas PDF dari semua program dengan menggunakan printer windows. Ketika program ini sudah terinstal dalam windows maka setiap dokumen yang anda buat dalam word prosesor dapat anda cetak menjadi dikumen dengan jenis PDF, tinggal Print > Pilih printernya PDFCreator dan Print/Ok, maka jadilah dokumen yang anda buat menjadi berekstensi PDF.
  2. Dokumen yang dibuat dapat menggunakan format sebagai berikut : Portable Document Format (PDF), Postscript (PS), Encapsulated Postscript (EPS), PNG, JPEG, BMP, PCX, and TIFF.
  3. Menggabungkan beberapa (multiple) dokumen dalam satu berkas PDF.   tambahPenggabungan dokumen biasanya dikalangan akademisi digunakan dalam pembuatan laporan baik penelitian maupun eksperimen. Misalkan kita telah membuat dokumen untuk kover, daftar isi, isi laporan dan lampiran yang masing-masing telah dijadikan dokumen dengan jenis PDF ataupun masih dalam format doc untuk Office 2003 ke bawah, docx untuk Office 2007 maupun odt untuk Open Office maka keempat dokumen tersebut dapat digabungkan menjadi satu berkas dokumen yaitu dokumen laporan dengan jenis dari PDF. Dengan menggunakan aplikasi ini maka anda dapat melakukan beberapa hal berikut : Buka PDFCreator > Masukkan keempat dokumen tersebut satu persatu (defaultnya diperlukan ekstensi *.ps-postscript, tetapi dapat anda ganti dengan *.* atau semua berkas) > blok keempat berkas tersebut > Dokumen-Gabung (Ctrl+C) > Kemudian ikuti petunjuknya sampai didapatkan berkas dokumen gabungan dengan format PDF.
  4. Proteksi berkas dengan password dan menerapkan lebih dari 128 bit enkripsi dalam berkas PDF. Untuk memproteksi berkas dokumen yang kita buat maka dapat diatur pada Printer > Pengesetan (Ctrl+O)> Format > Keamanan > Centang gunakan keamanan > Dapat dipilih beberapa tingkat keamanan termasuk enkripsi, password dan ijin pengguna (user) dokumen dapat diatur > Simpan dan Cetak lagi berkas dokumen yang ingin anda lindungi.
  5. Menyimpan berkas PDF secara automatis dengan seting terakhir tanpa ditambahi informasi tambahan.

Demikianlah sedikit sharing pengetahuan penggunaan aplikasi PDFCreator semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Comments»

1. Yogi Lenriko - November 20, 2012

thank mas bro…..

adefisika - November 21, 2012

oke sama-sama

2. sejatijomblo - April 12, 2014

apa hubungan pdf creator dengan jaringan intranet?

adefisika - October 9, 2014

oh itu tidak ada hubungannya mbak fatimah fitz

adefisika - October 22, 2014

tidak ada hubungannya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: