jump to navigation

Freemind – Peta pikiran virtual yang tidak berbayar July 2, 2009

Posted by adefisika in computer world.
trackback

Penggunaan peta pikiran untuk memfokuskan fikiran manusia dalam suatu hal mempunyai keuntungan yang telah disebutkan dalam artikel sebelumnya Fokus fokus fokus dengan peta pikiran (mind mapping) . Peta pikiran ini biasanya dibuat dengan menggunakan tangan tetapi sekarang mulai digunakan versi virtual yang kebanyakan berbayar. Nah pada sesion ini saya perkenalkan Freemind – peta virtual yang tidak berbayar alias gratis.

Pada awalnya untuk mencari perangkat lunak peta pikiran dengan menggunakan media google, banyak ditemukan versi virtualnya tetapi berbayar, dan pada akhirnya teman saya dari Malang, Nugroho Adi Pramono, menyarankan memakai Freemind dengan menggunakan sistem operasi linux open suse. Kemudian saya mencari di internet dan ternyata bertemu Freemind dengan multioperating sistem, baik menggunakan windows ataupun menggunakan Linux.

Wikipedia mengatakan aplikasi ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, dan dapat diambil dari link berikut  http://freemind.sourceforge.net/wiki/index.php/Download .  Saya sudah mencobanya dengan menggunakan operating sistem windows xp dan linux ubuntu dan keduanya berjalan dengan baik.

freemind1

Luaran freemind ini dapat ditampilkan dengan format pdf, gambar (jpg, png, ..), html dan beberapa yang lainnya. dan Freemind ini sangat membantu saya untuk mempersiapkan presentasi, presentasinya dan membuat konsep untuk menyelesaikan masalah.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: