jump to navigation

Ayat-Ayat Semesta di Fisika UGM November 21, 2008

Posted by adefisika in my experience.
trackback

Allah SWT, Tuhan semesta alam telah mewahyukan Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW untuk digunakan seluruh umat manusia baik muslim maupun non muslim, terlebih bagi muslimin yang berada diseluruh dunia. Firman-firman Allah SWT didalam Al Qur’an digunakan untuk dipelajari dan diamalkan dalam hidup manusia. Menurut Syeikh Thantawi dalam tafsir Al Jawahir menuliskan bahwa terdapat 150 ayat yang menerangkan tentang Fiqih dan 750 ayat kauniah yang menerangkan tentang alam semesta. Tetapi kita masih terlalu banyak menghabiskan energi untuk membahas masalah fiqih saja, dan hal ini kontradiktif dengan kuantitas ayat yang terdapat di dalam Al Qur’an.

Bapak Agus Purwanto, D.Sc dalam bukunya Ayat-Ayat Semesta, terdapat 800 ayat-ayat kauniah dalam Al Qur’an, setelah beliau menghitung sendiri jumlah ayat-ayat tersebut. Beliau mengatakan bahwa umat islam jangan terlalu disibukkan oleh masalah fiqih saja sehingga terjadi perpecahan umat yang lebih besar dengan mengesampingkan akal untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. Al Qur’an menyebutkan fungsi akal tidak kurang 43 kali dalam bentuk afal ta’qilun, selain itu terdapat 10  firman Allah yang dalam bentuk verbal berfikir dalam bentuk la’allakum tattaqun. sehingga Allah telah secara langsung mengatakan bahwa manusia harus menggunkan akal seoptimal mungkin.

Al Qur’an telah memberi pesan melalui ayat-ayat kauniahnya yang dapat menjadi ilham bagi umat manusia, terutama bagi peneliti, pengajar dan ulama untuk mengembangkannya dalam bentuk penelitian, contoh dalam ayat kauniah telah disebutkan “Jahe”, “Air”, “Angin”, “Jagad Raya”, “Semut”,” Lebah”, “Madu”, “Bumi” dan lain lain untuk dikembangkan dan ditelaah lebih lanjut. Jahe dengan kandunganya telah memberikan inspirasi yang banyak dalam bentuk pemikiran maupun ekonomis, penelitian manfaat jahe, permen jahe, wedang (minuman) dari jahe, dan masih banyak yang lainnya. Coba bangkitkan sendiri imajinasi anda.

Imajinasi-imajinasi untuk mengembangkan sains telah banyak disebutkan didalam Al Qur’an yang akan bermanfaat bagi seluruh umat manusia merupkan pesan awal yang harus ditindaklanjuti oleh umat manusia, terlebih lagi oleh ilmuwan muslim. Pesan tersebut berpotensi sebagai awal berfikir untuk penelitian besar yang dapat dilakukan oleh manusia berdasarkan sisi keilmuan masing-masing orang. Kesempurnaan Islam termasuk aspek sains harus ditampilkan lagi untuk “Membangun kembali Peradaban Islam dalam Sains Islam”.

Untuk lebih lengkap uraian mengenai Ayat-ayat Semesta karangan Bapak Agus Purwanto , D.Sc dapat membaca kembali bukunya dan diskusi dibuka disini.

Tradisi keilmuan bagi kalangan akademisi baik pelajar, mahasiswa, dosen, guru dapat diwujudkan dengan suatu forum yang membahas tentang keilmuan masing-masing akademisi maupun peneliti. Forum tersebut nantinya akan memberikan saran-saran yang membangun sekaligus kritikan untuk menjadikan revisi terbaru kajian keilmuan tersebut.

Resume singkat tersebut didapatkan penulis ketika menghadiri Seminar Rutin pada Hari Rabu, 20 Nopember 2008 di Jurusan Fisika UGM dengan pembicara Bapak Agus Purwanto, D.Sc. Terimakasih Pak atas sharing ilmunya dan Terimakasih kepada Jurusan Fisika UGM yang telah membuat forum keilmuan tersebut untuk membangun peradaban islam menjadi lebih baik lagi.

Comments»

1. wardah el shafa - November 28, 2008

wew, di resume thow? bagus bagus.. mel juga ngresume tapi ga sedetail ini, ontologi, epistomologinya ga sekalian tho pak.

Btw pak ali joko kemaren ngajakin anak -anak yang ngambil kuliah mekanika statistika buwat ngadain forum penelitian kayak yang pak agus sarankan, tapi sayang respect teman-teman biasa aja n cenderung menolak, yang bersemangat cuma mel doang pak, gimn cuba??

Egh web mel masukin ke blogrol panjenengan ya pak. maturnuwun …

2. adefisika - December 4, 2008

Wah mbak Amel terlalu melebihkan, ini khan even bagus yang baiknya di abadikan.
Sebenarnya untuk membangun peradaban sains islam memang perlu energi yang besar dari kita semua menurut ilmu kita masing-masing. dan tentunya semangat temen-temen itu perlu adanya pendorong yang sedikit memaksa. (selengkapnya ada di tulisan waktu belajar).
dan klo ga salah ingat pesan dari A’a gym, “semua itu baiknya kita awali dari diri kita masing-masing” .
Baik deh, coba ditunggu ya, eit skalian juga blog kecil saya tolong di masukkan di blogroll milik mbak Amel. hatur nuhun


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: